Follow Now......!

IMAM FAJAR WAHID

Perenungan Adalah Sebuah Jalan Yang Tak Harus Menemukan Akhir Dalam Penyesalan... Perenungan Adalah Di Mana Kita Bisa Mengoreksi Diri

SEGITIGA EDGAR DALE.

sebuah pengelompokkan cara setiap orang menangkap pengetahuan.

MEDIA PEMBELAJARAN

Media Pembelajaran

KEAKTIFAN

Dalam Pembelajaran yang baik adalah saat dimana siswa aktif belajar, aktif dalam menanggapi atau yang disebut responstibilty. maka akan terjadi penguatan.

KONSEP

Konsepsi. kita harus mengkonsep kemudian mentrasfer ke orang lain

Selasa, 15 Mei 2012

(Tugas 1 )Pengertian Media

Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras. Posisi media pembelajaran. Oleh karena proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran.Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran.

Menurut Edgar Dale, dalam dunia pendidikan, penggunaan media pembelajaran seringkali menggunakan prinsip Kerucut Pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku teks, bahan belajar yang dibuat oleh guru dan “audio-visual”.

Ada beberapa jenis media pembelajaran, diantaranya :
  1. Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
  2. Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
  3. Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
  4. Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.

Minggu, 13 Mei 2012

( Tugas 3 ) Media Slide Bersuara-Makalah

Untuk lebih Lengkapnya Silahkan download disini

( Tugas 4 )Media Presentation- Content Management System (CMS)

Jika Ingin Lebih LengkapNya silahkan Klik disini

( Tugas 2 ) Media Grafik

Grafik dapat di defenisikan sebagai penyajian data berangka, suatu tabel gambar yang dapat mempunyai nilai informasi yang sangat berfaedah, namun dari grafik yang menggambarkan intisari informasi sekilas akan lebih efektif,grafik merupakan keterpaduan yang lebih menarik dari sejumlah tabulasi data yang tersusun dengan baik, tujuan membuat grafik adalah untuk memperhatikan perbandingan, informasi kwalitatif dengan cepat serta sederhana. Ada beberapa macam grafik, dan yang paling umum di gunakan adalah grafik-grafik garis, batang,lingkaran,atau piring dan grafik bergambar.

1. Grafik Garis
Grafik garis adalah yang paling tepat dari semua jenis grafik, terutama dalam melukiskankecendrungan-kecendrungan atau menghubungkan dua rangkaian kata.sejumlah variasi dankombinasi dari grafik garis dapat dilukiskan, termasuk bayangan permukaan grafik dari berbagai bentuk. Contoh Penggunaan Grafik Garis dalam dunia elektronika yaitu sebagai berikut :
ini adalah gambar area kerja transistor
2. Grafik Batang
Grafik batang mungkin yang paling sederhana daripada semua grafik, grafik batang paling bermanfaat bilamana sejumlah nilai yang akan di bandingkan relative sedikit, pada lazimnyagrafik ini dibuat dengan menggunakan batang sebagai gambaran kelompok data secara verticaldan horizontal.tinggi atau panjang batang melukiskan ukuran besarnya presentase data yang diwakilinya . Contoh Penggunaannya yaitu :


Berikut adalah grafik dari hasil pengujian oleh www.virusbtn.com
3. Grafik Lingkaran
Bilamana guru dapat menjelaskan dan memperkenalkan tentang pecahan, maka garafik lingkatran lebih tepat di gunakan, grafik lingkaran atau grafik piring adalah lingkaran sektor-sektor yang di gunakan untuk menggunakan bagian suatu keseluruhan,sebagai contoh berikut iniadalah grafik yang memvisualisasikan pecahan dalam bentuk tengahan, pertigaan dan perempatan.
Prinsip-Prinsip Membuat Grafik :

Grafik-grafik yang paling menyoroti satu atau dua gagasan , garafik ini dipergunakan padasemua grafik adalah adanya perbandingan atau hubungan, tanpa perbandingan dan hubugan yangmemberikan arti sedikit sekali gunanya dalam menggambarkan statistic secara grafis.Pemakaian garafik dalam pengajaran.
Anak-anak pada umumnya telah belajar grafik dengan melihat grafik-grafik disurat kabar,majalah, buku-buku pelajaran, sehingga grafik tidak di pandang terlalu asing bagi pengalamananak, tetapi hakikat suatu grafik adalah penyajian ringkas.Dalam proses belajar ringkasan kwantitatif dapat digambarkan dengan baik melalui grafik.